Zaman yang sudah serbadigital membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan, termasuk dalam hal profesi. Kini sudah sangat lazim orang bekerja di depan komputer dan menghasilkan banyak uang. Salah satu profesi tersebut adalah content creator.
Content creator bertanggung jawab atas produksi semua jenis konten, seperti teks, foto, video, atau audio. Mereka dapat bekerja secara mandiri atau sebagai bagian dari tim. Penghasilannya pun cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan profesi konvensional lainnya.
Nah, bagi kamu yang ingin menjadi content creator, LinkAja bakal membahas cara untuk menjadi content creator yang sukses. Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.
Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Hp Android dan iPhone
Sebelum membahas caranya, kamu perlu memahami dulu apa itu content creator. Content creator adalah seseorang yang menghasilkan konten orisinal yang dipublikasikan di internet dan media lainnya. Sekarang platform yang didominasi oleh content creator Indonesia, antara lain TikTok, Youtube, dan Instagram.
Kontennya bisa beragam, seperti teks, foto, video, dan audio. Content creator menggunakan berbagai alat untuk memproduksi konten mereka, misalnya komputer, kamera, serta software editing video.
Untuk menjadi content creator sukses, kamu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang platform tempat konten kamu akan diunggah. Selain itu, pengetahuan untuk membuat karya yang menarik dan efektif juga harus kamu kuasai.
Lantas bagaimana cara menjadi content creator sukses dengan penghasilan berlimpah. Berikut tips menjadi content creator sukses.
Content creator yang paling sukses adalah mereka yang mampu menghasilkan konten berkualitas tinggi secara konsisten. Kamu harus memiliki mata yang tajam untuk detail dan kemampuan untuk melihat tren sebelum menjadi mainstream.
Mungkin di awal karier sebagai content creator, kamu akan kesulitan mencari audiens. Namun, jika kamu konsisten menghasilkan konten yang berkualitas, nantinya audiensmu pasti akan makin besar.
Seorang content creator tentu saja harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat.
Hal ini dibutuhkan tidak hanya untuk menciptakan konten yang punya nilai engagement tinggi kepada audiens, namun juga menjalin kerja sama dengan brand-brand yang mungkin bakal melirik kamu sebagai pemasar atau duta produknya.
Content creator menggunakan berbagai alat untuk memproduksi konten, misalnya komputer, kamera, dan software editing. Kuasai teknologi tersebut di awal agar kamu bisa menciptakan konten sendiri.
Jika memang kamu sadar kelemahan kamu di sektor teknologi dan lebih matang membuat konsep konten, sewa jasa profesional. Kamu bisa menyewa jasa videografer dan editor untuk membuat kontenmu. Tentu ini tidak murah, namun dengan begitu kamu bisa fokus hanya pada isi kontenmu, bukan masalah teknis.
Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di PC yang Ringan
Punya passion atau minat mendalam terhadap satu subjek yang jadi kekuatan kontenmu juga sama pentingnya dengan skill di atas. Dengan begitu kamu akan bisa lebih mudah menghasilkan konten berkualitas karena kamu sudah menguasai bidang tersebut.
Selain itu, memilih subjek yang jadi keahlianmu juga berimbas pada segmen audiens dan brand yang ingin kamu sasar.
Jika kamu suka main game, jadilah content creator yang berkutat di dunia gaming. Nantinya, gamers dan produsen perangkat atau aksesori gaming akan berdatangan ke kamu, jika kontenmu dianggap relevan.
Pahamilah bahwa tiap platform media sosial itu punya karakteristik audiens berbeda. Audiens TikTok, misalnya, tidak suka dengan video bertele-tele dengan durasi panjang seperti audiens di Youtube.
Lalu di Instagram biasanya lebih banyak audiens yang suka dengan postingan yang menarik secara visual atau informatif. Nah, cara untuk menjadi content creator sukses adalah dengan mempelajari karakteristik tersebut.
Modifikasi sedikit konten kamu untuk disesuaikan dengan media sosial yang ingin kamu gunakan agar sesuai dengan target audience platform tersebut.
Di atas sudah dijelaskan bahwa kamu harus menguasai setidaknya perangkat dasar untuk menciptakan konten. Namun, untuk menjadi content creator yang andal, kamu juga harus mengeksplorasi tools lain yang bisa menunjang kesuksesanmu.
Jika kamu penulis, gunakan SEO Tools untuk menciptakan tulisan yang ramah dengan search engine sekaligus enak dibaca. Jika kamu videografer, cari tools effect VX atau audio yang bisa mempermudah editing dan memperbagus hasilnya, dan seterusnya. Dengan membuka pengetahuan selebar-lebarnya, kamu bisa lebih efisien menghasilkan konten berkualitas.
Jargon amati, tiru, modifikasi berlaku untuk hal apa pun, termasuk di dunia kreatif ini. Tak ada salahnya kamu mengambil contoh dari content creator yang sudah sukses.
Tiru cara mereka membuat karya lalu modifikasi agar konten yang dihasilkan punya ciri khasmu. Selanjutnya, isi kekurangan yang dimiliki contoh tersebut dengan kreasimu. Dijamin audiens lambat laun juga akan melirikmu. Malah jika beruntung, kamu mungkin bisa setara dengan content creator yang sudah sukses itu.
Oleh karena itu, perbanyak referensi dengan melihat karya orang lain, niscaya kamu juga bakal lebih mudah menemukan ide.
Baca juga: 10 Cara Mengecilkan Foto dengan Hp untuk Android dan iPhone
Untuk menjadi content creator sukses, ada beberapa skill yang harus kamu miliki. Berikut daftarnya.
Tidak peduli karya apa pun yang kamu hasilkan, ide pertama biasanya harus dituangkan dalam bentuk tulisan. Video yang bagus pun butuh script atau minimal timeline cerita agar menarik untuk ditonton.
Untuk itu, kamu wajib menguasai skill content creator ini jika ingin sukses. Menulis juga membuat proses produksi konten jadi lebih terstruktur. Selain itu, skill ini juga bisa berguna jika kamu harus pitching ke klien.
Netizen di media sosial mayoritas menganggap sebuah karya menarik berkat tampilan visualnya. Oleh karena itu, pastikan kamu menguasai skill ini jika ingin memamerkan karyamu di media sosial.
Tak perlu ahli, kuasai teknik dasar fotografi dan videografi, lebih bagus bisa editing, lalu sajikan tampilan visual yang pantas dan menarik untuk mendukung kontenmu.
Untuk membuat konten berkualitas, kamu harus rela menghabiskan waktu untuk riset. Memang tidak semua konten butuh riset, apalagi misalnya kamu seorang pembuat meme. Namun, untuk mencari apa yang sedang tren dan diminati di masyarakat itu juga merupakan sebuah riset mini.
Oleh karena itu, jika kamu ingin menghasilkan konten yang lebih berkualitas lagi, pastikan kamu menyediakan waktu dan tenaga untuk riset. Dijamin, kontenmu bakal tidak mudah dilupakan audiens.
Meski banyak orang yang memilih profesi content creator sebagai sambilan, tetap saja kamu butuh manajemen waktu agar pekerjaan lebih terorganisasi.
Manajemen waktu bisa kamu bagi menjadi tiga bagian; praproduksi, yaitu masa untuk menyiapkan ide, peralatan teknis membuat konten, dsb; produksi, yaitu masa untuk membuat karyamu dari nol hingga jadi; terakhir pascaproduksi, untuk mengedit, meng-upload, serta menyebarkannya ke media sosial.
Bagi waktu dengan bijak agar produksi konten kamu tetap konsisten. Jangan sampai, misalnya kamu membuat satu video memakan waktu berbulan-bulan, lalu upload lagi dalam jangka waktu lama karena kapok waktumu banyak tersita. Ingat pesan di atas: konsisten!
Baca juga: 10 Pilihan Kursus Online Digital Marketing untuk Tambah Skill
Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu content creator, cara menjadi content creator, serta skill content creator yang harus kamu kuasai agar sukses. Belanja perlengkapan penunjang atau upgrade skill-mu sebagai content creator dengan LinkAja yang #Apa2Bisa.