Keuangan

Cara Bayar Transaksi QRIS di Thailand dan Malaysia Pakai LinkAja

Icon Calendar LinkAja10 Jul 2023

Image Artikel Cara Bayar Transaksi QRIS di Thailand dan Malaysia Pakai LinkAja LinkAja
doc. LinkAja

Sekarang kamu bisa lho dengan mudah jajan di luar negeri dan bayarnya pakai QRIS. Melalui kerjasama Bank Sentral dari empat negara, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Bank of Thailand (BOT) telah sepakat untuk mewujudkan dan mendukung pembayaran transaksi yang lebih cepat, praktis, transparan, dan inklusif.

Implementasi pembayaran transaksi QRIS antarnegara menjadi salah satu perwujudan dari kerjasama di antara empat negara tersebut. 

Apa itu QRIS Antarnegara?

QRIS antarnegara ini pada dasarnya adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang bisa digunakan untuk transaksi lintas negara. Dengan cara ini, siapa pun bisa bertransaksi QRIS dengan bebas tanpa perlu menukar nilai mata uangnya. Pengguna hanya tinggal memindai kode QR di negara tujuan dengan aplikasi pembayaran dari negara asal.

Saat ini implementasi QRIS antarnegara baru bisa dilakukan di Thailand dan Malaysia saja. Negara-negara lainnya seperti Philipina dan Singapura sudah memasuki tahap piloting. Selain dengan negara di wilayah ASEAN, Pemerintah Indonesia juga sedang menjajaki peluang kerjasama serupa dengan Jepang. Kerja sama pembayaran digital lintas negara ini akan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan Japan Unified QR (JPQR).

Cara Transaksi QRIS di Thailand dan Malaysia pakai LinkAja

LinkAja sebagai salah satu dompet digital terdepan di Indonesia turut berpartisipasi aktif dalam inisiatif kerjasama antarnegara ini. Salah satunya bentuk nyatanya adalah Warga Negara Indonesia kini bisa menggunakan aplikasi LinkAja untuk bertransaksi QR code di negara yang telah bekerja sama, yaitu Thailand dan Malaysia.

Berikut adalah cara transaksi QRIS pakai LinkAja di Thailand dan Malaysia:

  • Pastikan akun LinkAja aktif dan memiliki saldo LinkAja
  • Klik ikon "Bayar"
  • Arahkan kamera pada QR antar Negara
  • Masukkan nominal transaksi dalam mata uang negara asal, misalnya 20 baht untuk Thailand dan 20 ringgit untuk Malaysia.
  • Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (akan secara otomatis terkonversi) lalu klik “Konfirmasi.”
  • Masukkan PIN LinkAja
  • Selamat! kamu berhasil transaksi di Thailand dan Malaysia pakai LinkAja

 

Yuk tunggu apalagi, isi segera saldo LinkAja kamu saat ingin bepergian ke Thailand dan Malaysia biar makin gampang jajan makanan-makanan enak di sana bayar pakai QRIS di LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya