Gaya Hidup

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok Bagi Para Kreator

Icon Calendar LinkAja11 Apr 2022

Image Artikel Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok Bagi Para Kreator LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Bicara soal media sosial, banyak orang yang kini mengandalkan penggunaannya untuk kebutuhan pribadi dan profesional. Selain sharing melalui akun pribadi, ada pula berbagai sektor bisnis yang memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai strategi marketing.

 

TikTok merupakan platform media sosial berbasis video yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi dengan video dan musik. Awalnya, TikTok populer digunakan untuk membuat video dance dengan konsep challenge. Semakin lama, kreasi yang muncul di TikTok terus berkembang menjadi konten tutorial, diary video, cuplikan film, hingga konten promosi.

 

Sama seperti perkembangan yang terjadi pada platform media sosial lainnya, makin banyak audience yang tertarik menggunakan TikTok. Karena itulah, muncul potensi untuk mendapatkan uang (monetisasi) TikTok oleh berbagai kalangan.

 

Baca juga: Begini Cara Pakai dan Fungsi Kalkulator TikTok

 

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

 

Bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Uniknya, TikTok menawarkan beberapa fitur yang praktis agar penggunanya bisa mendapatkan apresiasi berupa uang dari audience. Berikut ini cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa dimanfaatkan oleh para content creator.

 

1. Donasi atau payout coins

 

Fitur paling sederhana yang sudah tersedia di TikTok dan bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya adalah fitur donasi. Hal ini bukan berarti kamu mengumpulkan orang untuk berdonasi, ya. Istilah ini digunakan sebagai simbol apresiasi dari audience.

 

Sederhananya, para audience bisa memberikan sticker yang diberikan melalui kolom komentar di TikTok. Para audience bisa “membeli” sticker untuk dapat dikirim kepada para kreator. Jika sudah banyak sticker yang terkumpul dari konten yang dibuat, para kreator bisa menguangkannya, deh.

 

2. TikTok Influencer

 

Nah, kalau cara satu ini paling umum yang juga bisa dilakukan para kreator di platform media sosial lain. Saat sudah mulai membuat akun TikTok, kamu juga bisa mengelola dan mengembangkannya agar makin banyak audience yang mengikuti akunmu.

 

Makin banyaknya followers di TikTok akan menarik perhatian brand untuk berkolaborasi. Biasanya, kamu akan mendapat tawaran endorsement agar bisa mempromosikan produk brand tersebut. Tidak hanya bisa mendapatkan produk gratis, kamu bahkan bisa membuat rate promosi, loh!

 

Beberapa jenis konten yang bisa dibuat oleh TikTok influencer juga beragam, bisa berupa sponsored post, affiliate marketing, dan bahkan brand ambassador. Jika kamu sudah jadi influencer dengan banyak followers, akan lebih banyak kesempatan yang datang untuk mendapatkan uang.

 

3. Manajer akun TikTok profesional

 

Tidak tertarik untuk muncul di depan kamera? Kamu juga bisa jadi orang di balik layar untuk tetap mendapatkan uang dari TikTok. Dengan adanya potensi untuk menjadi influencer di TikTok, akan muncul juga kesempatan untuk menjadi asisten atau manajer dari para kreator profesional.

 

Kreator yang dimaksud tidak hanya akun personal, tapi juga para kreator brand yang memakai TikTok sebagai strategi promosi. Peran manajer TikTok bukan hanya mengelola tawaran kerja sama, kamu juga harus memahami strategi konten untuk mengembangkan ide dan meningkatkan follower.

 

4. TikTok marketing

 

Seperti halnya media sosial lain, TikTok juga memiliki fitur ads atau iklan. Biasanya, TikTok Ads memiliki algoritma yang bisa membantu sebuah konten agar bisa lebih banyak dilihat oleh target audience yang kamu inginkan.

 

Para pemilik brand bisa memanfaatkan fitur marketing ads untuk menarik lebih banyak pelanggan yang mengenal produk kamu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengarahkan konversi iklan ke target transaksi produk yang dimiliki oleh brand.

 

Karena itulah, sekarang TikTok menjadi salah satu media sosial yang juga harus dikelola oleh digital marketer. Beberapa brand bahkan sudah memiliki resource khusus untuk mengelola TikTok. Karena itulah, kamu bisa mendalami TikTok marketing jika tertarik berkarier dan dapat uang dari cara ini.

 

5. Agensi influencer

 

Banyaknya kesempatan yang muncul untuk mengelola brand marketing secara profesional akan berdampak pada industri secara keseluruhan. Kamu bisa menjembatani brand dan influencer TikTok dalam sebuah agensi yang terus dilatih dan dikembangkan potensinya.

 

Menjalankan agensi bisnis seperti ini juga memberikan potensi untuk dapat. Namun, pastikan untuk selalu update dengan tren terkini yang muncul di TikTok. Dengan begitu, para influencer di dalam agensi kamu juga bisa menjalin kerja sama yang langgeng dengan brand.

 

Baca juga: Social Media Marketing untuk Mendongkrak Bisnis selama Ramadan

 

 

Nah, kalau mau mulai mencoba cara mendapatkan uang dari TikTok, kamu bisa membuat beberapa konten di akun pribadi. Biar internet lancar dan bisa TikTok-an, modal utamanya hanya perlu punya kuota, kok. Biar lebih praktis, kamu juga bisa pakai pilihan pembayaran LinkAja buat beli pulsanya. Yuk, mulai buat konten yang menarik buat dapat uang dari TikTok!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya